Maharaja merupakan film India berbahasa Tamil terbaru mengusung bergenre laga dan thriller. Film rilisan 2024 arahan Nithilan Swaminathan itu menampilkan aktor hit Vijay Sethupathi sebagai pemeran utama.

Cerita Maharaja berpusat tentang seorang tukang cukur yang melancarkan aksi balas dendam usai menjadi korban pencurian.

Berikut sinopsis Maharaja.

Maharaja (Vijay Sethupathi) adalah seorang laki-laki dewasa pendiam. Ia bekerja sebagai tukang cukur di Ramki Saloon untuk menafkahi istri dan anak semata wayangnya.

Suatu hari, ia melihat langsung istrinya meninggal ketika sebuah truk menabrak rumah mereka. Anak Maharaja, Jothi (Sachana Namidass) selamat dari kecelakaan itu ketika tubuhnya tidak sengaja tertutup tempat sampah.

Tempat sampah itu akhirnya diberi nama Lakshmi sebagai bentuk terima kasih karena sudah menjadi “penyelamat” Jothi. Maharaja dan Jothi kemudian melanjutkan kehidupan sebagai seorang ayah dan anak.

Pada suatu hari, musibah terjadi ketika rumah Maharaja dirampok hingga Lakshmi ikut dibawa pergi. Maharaja lantas mengunjungi kantor polisi setempat untuk melaporkan pencurian tersebut.

Ia juga menceritakan bahwa Lakshmi dirampok oleh pelaku, tetapi pernyataan itu justru dibalas gelak tawa polisi.

Padahal, perampokan itu benar-benar serius karena Maharaja mendapati geng bersenjata menggerebek rumahnya, menyerangnya, dan mengambil Lakshmi.

Polisi tetap ogah-ogahan mengurus kasus itu, terutama karena barang yang dicari hanyalah tempat sampah kosong. Namun, para petugas akhirnya mengiyakan permintaan saat menerima uang suap.

Misi pencarian itu akhirnya melibatkan Maharaja, Jothi, polisi, dan para pelaku. Petugas kepolisian juga menangkap seorang informan bernama Nallasivam (Singampuli).

Namun, pencurian itu ternyata bukan tindakan kriminal biasa. Para pelaku memiliki hubungan masa lalu dengan Maharaja dan Jothi hingga persoalannya lebih besar dari perkiraan awal.

Maharaja ditulis dan disutradarai oleh Nithilan Swaminathan. Ia dikenal sebagai sutradara film berbahasa Tamil lainnya berjudul Kurangu Bommai (2017).

Film itu dibintangi VIjay Sethupathi, Anurag Kashyap, Mamta Mohandas, Natarajan Subramaniam, Abhirami Gopikumar, Singampuli, Aruldoss, hingga Munishkanth.

Maharaja sukses di box office India ketika dirilis pada Juni 2024. Film itu bahkan menempati posisi ketiga film berbahasa Tamil terlaris pada 2024.

Film itu juga menuai penilaian positif dari kritikus. Sebagian besar kritikus memuji penampilan apik Sethupathi sebagai Maharaja, penulisan skenario Nithilan Swaminathan, hingga suguhan visual sepanjang cerita.

Kesuksesan itu bahkan mendorong aktor hit India Aamir Khan lewat rumah produksinya menyiapkan proyek remake Maharaja versi Hindi. Aamir Khan lalu bakal menjadi Maharaja dalam versi remak itu.

Maharaja dapat disaksikan di Netflix.