Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, partainya sedang menyiapkan keponakan presiden terpilih Prabowo Subianto, Budisatrio Djiwandono untuk maju di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Muzani, Budisatrio disiapkan menjadi calon gubernur Jakarta karena merupakan sosok yang matang dan memiliki visi perekonomian yang bagus.

“Ya Budi Djiwandono adalah salah satu kandidat yang sedang kita matangkan untuk bisa memimpin daerah Jakarta. Itu diperlukan sosok yang matang, memiliki visi perekonomian yang bagus, dan punya tingkat pergaulan yang bagus. Kriteria itu sepertinya memenuhi syarat,” ujar Muzani di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/5/2024).

Muzani lantas mengungkit status Budisatrio sudah terpilih menjadi anggota DPR selama dua periode terakhir.

Dia mengatakan, wakil ketua Komisi IV DPR itu juga memiliki pergaulan yang cukup bagus dan punya visi ekonomi yang matang.

Oleh sebab itu, Muzani yakin Budisatrio adalah sosok yang sangat peduli terhadap warga Jakarta.

“Sehingga menurut kami beliau memiliki kemampuan untuk bisa memimpin Jakarta lebih baik lagi. Dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan rakyat Jakarta,” ujar Muzani.

Muzani mengatakan Gerindra juga akan menggandeng partai lain untuk mengusung Budisatrio di Pilkada DKI Jakarta.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Nasdem Prananda Surya Paloh mengatakan partainya membuka kemungkinan untuk menduetkan Budisatrio dengan presenter Raffi Ahmad di Pilkada Jakarta.

Kendati demikian, Prananda mengungkapkan, belum ada komunikasi dengan Budi Djiwandono terkait akan ikut mengusung untuk Pilkada Jakarta nanti. Nasdem juga masih mempertimbangkan opsi di luar duet tersebut.

Selain Nasdem, Partai Demokrat juga melirik opsi duet Budiastrio-Raffi untuk diajukan pada Pilkada Jakarta.

“Kemarin muncul Mas Budi Djiwandono pasangan dengan Raffi Ahmad ya, ini juga saya kira bisa kita tangkap sebagai calon potensial,” kata Kepala Badan Pembina Organisasi Keanggotaan dan Kaderisasi Partai Demokrat Herman Khaeron, Rabu.